LampuTjoret Project

Untuk tugas semester 1 di kelas XI ini ,saya ,Attahiyyata Yusuf murid SMA Negeri 8 kelas XI IPA 6 dengan bangga mempersembahkan sebuah maha karya yang asli dituangkan dari pemikiran saya sendiri yang mana saya beri nama LampuTjoret .

Alat & Bahan :

1. Steorofoam tak terpakai                                          10. Penggaris

2. Aluminium Foil                                                             11.Palu

3. Jaring-jaring                                                                   12. Cutter

4. Penutup Kaleng Cat                                                   13. Ceret tak Terpakai

5. Solder                                                                              14. Lampu

6. Timah                                                                               15. Dudukan Lampu

7. Kaleng Permen                                                            16. Kabel

8. Lilin                                                                                    17. Paku

9. Penggaris Besi                                                              18. Lem Alteco

19. Tang

 

Cara membuatnya :

 

1.  Potong jaring-jaring menjadi 4 persegi panjang sebanyak 2 buah dengan ukuran lebar dan panjang seukuran dengan lebar dan panjang sterofoam bagian dalam .

2. Bersihkan penutup kaleng cat bagian dalam agar tampilan akhir terlihat indah ,bersih dan rapi .

3.  Lubangi kaleng permen dengan paku sebanyak 2 buah lubang di bagian pinggir nya sebagai jalur kabel penyambung arus listrik .

4.  Lubangi juga penutup kaleng cat yang sudah dibersihkan tadi sebanyak 1 buah lubang yang terletak dibagian tengahnya sebagai jalur kabel penyambung arus listrik .

5.  Setelah penutup kaleng cat dilubangi ,panaskan ujung paku menggunakan api lilin ,pegang paku menggunakan tang ,setelah ujung paku panas ,arahkan ujung paku ke bagian penutup kaleng yg dilubangi tadi agar lubang yg dihasilkan lebih bagus dan besar untuk dilewati oleh kabel penyambung arus listrik

6.  Masukkan kabel tersebut melalui mulut ceret ,terus melewati penutup kaleng cat setelah itu baru melewati kaleng permen ,lalu rekatkan ceret ,penutup kaleng cat dan kaleng permen menggunakan lem alteco .

7.  Setelah itu ,rekatkan dudukan lampu dengan kaleng permen menggunakan lem alteco ,oh ya sebelumnya kabel dan dudukan lampu disambungkan terlebih dahulu ,agar tidak mudah lepas rekatkan tembaga dari ujung kabel dengan dudukan lampu menggunakan timah dengan bantuan solder  .

8. Uji coba kreasi anda tersebut menggunakan lampu yang telah disediakan sebelumnya apakah ada arus listrik yang mengalir dari sumber listrik yang berasal dari rumah anda sampai dudukan lampu tersebut ,jika ada arus yang mengalir ,lampu akan menyala .

9.  Selanjutnya pembuatan body rumah lampu ,awali dengan pengecatan bagian luarnya saja ,jangan semprot sterofoam dengan cat semprot dengan jarak yang terlalu dekat dan jangan biarkan warnanya terlalu tebal disuatu titik karena hal tersebut dapat menyebabkan sterofoam menjadi kelihatan hancur sehingga hasilnya menjadi kurang bagus , oh ya gunakanlah masker untuk menghindari hal terburuk yang bakal terjadi seperti menghirup partikel-partikel dari cat semprot yang merupakan racun bagi tubuh kita .

10.  Selanjutnya tempelkan jaring-jaring di bagian dalam sterofoam yang bolong agar terlihat lebih berkreasi serta tempelkan aluminium foil disekitar bagian dalam sterofoam , lalu satukan kedua sterofoam menggunakan lem ,jangan gunakan lem alteco karena sterofoam tidak akan mampu menahan kerasnya zat kimia yang dikandung oleh lem alteco tersebut ,jadi untuk penyatuan sebaiknya anda menggunakan double tip .

11. Untuk sentuhan akhir ,satukan body lampu dengan intinya ,lalu ,taa-daa jadilah LampuTjoret tersebut .

 

 

THE END