Pendahuluan
Kita tahu bahwa plastik merupakan sampah dengan tingkat populasi yang cukup tinggi di dunia .Sampah jenis ini merupakan sampah yang sulit untuk dimusnahkan tanpa menghilangkan bekas yang baik karena proses penghancurannya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga masyarakat memilih jalan yang tidak baik untuk memusnahkannya ,yaitu ,membakarnya . Sekarang kita akan membahas Penggunaan Gelas Plastik yang Penggunannya hanya Sekali Pakai di sebuah Kantin Sekolah.
I. Faktanya (berdasrkan observasi sendiri)

II. Solusi
– Preventif :
Dari awal ,jangan beri pengenalan tentang gelas plastik yang penggunaanya hanya sekali pakai di sebuah kantin sekolah dengan memperdagangkan minuman menggunakan gelas tersebut .
– Curatif :
Sekolah sering mengadakan suatu perlombaan tentang pembuatan suatu benda yang bermanfaat dengan menggunakan barang-barang bekas yang berasal dari sekolah tersebut dengan bahan utama gelas plastik tersebut .
– Rehabilitatif :
Kantin sekolah menyediakan gelas yang dapat digunakan berulang-ulang kali dalam penjualan minuman ,namun dibarengi dengan penggunaan pipet yang berguna untuk menyedot cairan minuman yang ada dalam gelas tersebut sehingga gelas selalu dalam keadaan steril karena tidak adanya perpindahan dari penggunaan dari satu mulut ke mulut yang lain secara langsung .

– Promotif :
Para murid diajak membawa minuman sendiri dari rumah mereka masing-masing menggunakan botol minuman yang dapat berulang kali digunakan dengan mengatakan minuman yang berasal dari rumah mereka masing-masing terjaga keasliannya dan kebersihannya .